Consistency and Standards – LINGO 11.0

Hi.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengevaluasi sebuah perangkat lunak LINGO versi 11.0. Saya akan mengevaluasi dengan fokus pada salah satu prinsip Nielsen, yaitu “Consistency and Standards“. Prinsip ini mengevaluasi kekonsistenan aplikasi dalam penggunaan icon, phrase, dan setiap situasinya.

————————————————————————————————————————————————————

Pilih yang mana ya?

Pada post sebelumnya sudah ada gambar berikut:

open

dan gambar ini:

open1

Apakah Anda melihat perbedaan yang cukup membingungkan? Saya menemukannya pada shortcut “open”. Haruskah saya menggunakan F3? Ataukah “ctrl+O”? Nyatanya, hanya “ctrl+O” yang dapat digunakan. Sebaiknya digunakan salah satu shortcut saja, kalau memang “ctrl+O”, ya konsisten ditampilkan dalam menu file.

Severity Rating: 3

————————————————————————————————————————————————————

Help atau Help?

Aplikasi LINGO ini sudah baik secara umum menurut saya, saya bisa compile dan run kodingan matematis, namun ada beberapa yang memang fungsi-fungsinya belum saya ketahui, sehingga saya butuh membuka dokumentasi help yang terdapat di dalam LINGO. Terdapat dua icon “help” seperti ini:

111

Namun, kedua icon tersebut mengarahkan ke halaman yang sama, seperti ini:

help consistent

Lalu, untuk apa iconnya ada dua? Padahal, salah satu icon yang digunakan sudah baik, dan langsung diarahakan ke dokumentasi help. Sebaiknya pilih salah satu dari dua icon tersebut untuk mewakili “help” supaya konsisten dan tidak membingungkan.

Severity Rating: 2

————————————————————————————————————————————————————

Thank you.

One thought on “Consistency and Standards – LINGO 11.0

  1. Waaaah, saya setuju dengan bahasan gema. Perbedaan shortcut juga dapat membingungkan user. JIka mental model yang terbentuk untuk open adalah CTRL+O, akan terasa sulit jika merubahnya menjadi F3. Apalagi kasus ini ditemukan pada software yang sama. Sedikit mengingatkan, postnya masih belum dilabeli. Alangkah baiknya jika dilabeli juga seperti post heuristic yang lain XD

    Semangat~
    drbears.blogspot.com

Leave a Reply

